Senin, 25 Desember 2017

Buamdong Revenge Social Club — Bok Ja Club, Fighting!

Ah—this drama must kind of makjang drama. Itulah pemikiran saya saat pertama kali casting dan sinopsis diumumkan. Apalagi proyek terakhir Lee Yo Won ; Night Light, bergenre serupa dan gagal total menarik perhatian saya. Saya juga menghindari menonton drama Kim Hee Sun & Kim Sun Ah yang memiliki premis serupa : sosialita, perselingkuhan, rahasia kelahiran, warisan, dan semacamnya.

Tapi, ketika saya menyeleksi drama-drama yang perlu dihapus (karena hardisk internal & ekstenal sama-sama sekarat) dengan cara menonton episode-episode perdana drama tersebut—khusus yang sudah saya download tapi belum ditonton sama sekali, saya langsung jatuh cinta pada drama ini.

Balas dendam tidak selalu harus mengerikan. Kita bisa melakukannya dengan cara yang benar dan baik. Buat mereka mempertanggungjawabkan kesalahan sesuai hukum yang berlaku. Kemudian, kita hanya perlu mendamaikan diri dengan dengan masa lalu.”


Saya menyukai konsep yang ditawarkan drama ini. Ada unsur makjang memang, tapi juga relatable dan akhirnya heartwarming.

Yep! Mari kita berkenalan dulu dengan tokoh-tokohnya.

1. Kim Jung Hye [Lee Yo Won]
Setiap kali menonton Unnie satu ini, saya merasa dunia itu tidak adil. Dia benar-benar cantik, bahkan bagi saya yang seorang perempuan. Dan bentuk tubuhnya benar-benar membuat iri. Padahal sudah melahirkan tiga anak, tapi masih terlihat seperti wanita lajang. 
She doesn't age at all. Dengan pipi yang agak chubby di sini, Unnie satu ini kelihatan sangat awet muda.


Okay, okay, mari berhenti mengagumi sosok Lee Yo Won dan mulai membahas karakternya sebagai Kim Jung Hye, pencetus Bok Ja Club kesayangan kita.

Kim Jung Hye merupakan anak bungsu Geon Ah, salah satu grup konglomerasi di Korea Selatan. Pernikahannya dengan Lee Byung Soo [Choi Byung Mo] yang merupakan anak tertua Hae Rang Construction pada dasarnya merupakan perkawinan bisnis ; sebuah kontrak tidak tertulis untuk mengikat kedua perusahaan.
[Dari pernikahan semacam itu, kedua belah pihak saling mendapat saham di perusahaan masing-masing.]

Jung Hye sudah berusaha yang terbaik sebagai istri, karena pada dasarnya dia ingin menjalani pernikahannya secara normal meski tidak dimulai dengan cinta. Mereka bahkan hampir memiliki anak, di mana kemudian Jung Hye keguguran dan tidak lagi bisa hamil. Hubungan mereka yang semula baik-baik saja pun akhirnya merenggang—sehingga tidur di kamar terpisah.

Jung Hye pada dasarnya sosok yang hangat dan rapuh, tapi dia menyembunyikannya dengan pura-pura menjadi tangguh. Dia yang sedari kecil hidup bergelimang harta dan kemudian memiliki banyak properti bangunan di lokasi-lokasi super strategis untuk disewakan dan memghasilkan banyak uang untuknya—tanpa perlu bergantung pada sang suami—meski dia tidak bekerja, membuat Jung Hye sama sekali tidak mengerti kerasnya maupun kebebasan kehidupan di luar istananya. Dia hanya sibuk shopping untuk menghabiskan uangnya yang tidak berseri untuk menunjukkan kehidupannya baik-baik saja.

Tetapi, dunianya berubah ketika mengenal Hong Do Hee [Ra Mi Ran] dan  Lee Mi Sook [Myung See Bin] yang membuatnya berpikir untuk membalaskan dendam atas semua rasa sakit yang selama ini dia pendam sendirian. Ditambah lagi dengan kemunculan Lee Soo Gyum [Jun] yang tak lain adalah anak rahasia suaminya.

[Saya rasa tindakan suami Jung Hye tidak dapat dikategorikan perselingkuhan, karena usia pernikahan Jung Hye dan suaminya 10 tahun, sedangkan Soo Gyum berusia 17 tahun—yang mana berarti hubungan Lee Byung Soo dengan Han Soo Ji ; ibu kandung Soo Gyum, telah terjalin lebih dulu dan tampaknya mereka tidak pernah lagi berhubungan sejak Byung Soo dan Jung Hye menikah. Masalahnya adalah suaminya itu tidak pernah jujur akan masa lalu dan mendadak membawa anak rahasia itu ke rumah mereka. Itu yang membuat Jung Hye merasa terkhianati.]
Ia kemudian mencetuskan berdirinya Bok Ja Club ; sebuah kelompok pembalasan dendam yang targetnya saling berhubungan.

2. Hong Do Hee [Ra Mi Ran]

Uri scene stealer Ajumma! Dari zaman Reply 1988, pas Ajumma ini jadi emaknya Jung Hwan, saya fix ngefans berat. Semacam kualitas dramanya terjamin kalau ada Ajumma ini di dalamnya. Termasuk Come Back, Mister meskipun ratingnya rendah.
Hong Do Hee di sini adalah seorang single parent dengan dua orang anak. Dia begitu penyayang, sekaligus sangat tangguh di saat bersamaan. She has no money or come from wealthy family like Jung Hye, nor marriying an influental person like Mi Sook, tapi di antara ketiganya, dia yang paling tahan menghadapi badai dan juga mandiri karena dia seorang janda yang harus memperjuangkan kedua anaknya. Dia adalah sosok kakak sekaligus ibu bagi Jung Hye maupun Mi Sook yang sama-sama tidak memiliki keduanya dalam hidup mereka.

3. Lee Mi Sook [Myung Se Bin]

Karakter yang sebenarnya paling malang di sini. Dia bergantung sekali pada suaminya yang suka melakukan KDRT—terutama secara finansial. 
Saya ingin mengatakan dia bodoh karena bertahan menjadi samsak hidup suaminya, tapi saya dapat memahami pemikirannya.


“Aku bertahan denganmu karena kau ayah dari anak-anak. Lagi pula, selama ini kau tidak pernah mengangkat tanganmu (berbuat kasar) pada mereka. Tapi, semuanya berakhir sekarang karena kau berani menyentuh So Yeon.”

Seperti katanya, dia bertahan demi anak-anak. Ditambah lagi, dia menyadari suaminya sosok berpengaruh. Dia pasti khawatir berpisah dari suaminya akan menghilangkan hak-hak sang anak, karena sang suami dapat dengan mudah memutar balik fakta maupun keadaan. Sebab itu, dia mencoba bertahan demi masa depan anaknya. Seorang Ibu sanggup melakukan apa saja demi kebaikan anaknya, bahkan meski harus mempertaruhkan nyawanya, ‘kan? 
Tetapi pemikiran itu pula yang pada akhirnya membuat anaknya menjauh. Kadang, orang tua tidak menyadari bahwa mereka pun ingin orang tua mereka bahagia meski dengan perpisahan. So Yeon (putrinya) menjauh akibat merasa bersalah karena dia tahu sang ibu bertahan demi dirinya.


4. Lee Soo Gyum [Jun]

Anak rahasia Lee Byung Soo, suami Jung Hye. Usianya 17 tahun dan memiliki tanah warisan yang sangat luas dari mendiang neneknya. Sedari kecil, dia sudah ditelantarkan kedua orang tuanya, baik sang ayah yang kemudian menikahi Jung Hye maupun ibunya yang sibuk dengan dunianya sendiri. Ia dibesarkan oleh nenek dari pihak ibunya dan membenci kedua orang tuanya.

Lucunya, dia justru tidak membenci Jung Hye meski ibu tirinya itu bersikap sangat dingin terhadapnya. Padahal, di drama balas dendam lain, karakternya mungkin akan memiliki niat berapi-api untuk menyingkirkan Jung Hye. Dia sangat cerdas dan rasional, sehingga mampu menargetkan musuhnya dengan benar. Dia tidak membenci Jung Hye karena memang ibu tirinya itu tidak merebut sang ayah dari ibu kandungnya maupun menjadi alasan dia kehilangan kasih sayang kedua orang tuanya. Sebaliknya, dia yang tahu kedua orang tua kandungnya hanya menginginkan tanah warisan dari neneknya, memutuskan membalas dendam pada ayah dan ibunya sendiri.

5. Lee Byung Soo [Choi Byung Mo]

Tampang Ajeossi satu ini memang ngeselin banget, ya. Kadang dia bisa jadi orang baik plus kocak, sih. Kayak karakternya di Another Oh Hae Young yang jadi psikiaternya Park Do Kyung [Eric Mun]. Tapi kebanyakan kalau nggak jadi pebisnis kotor ya tukang selingkuh. Di Buamdong Revenge Social Club ini, dia lucu, tapi nyebelin, jadi suaminya Jung Hye : Lee Byung Soo.
Sebagai anak sulung Hae Rang Construction, secara hirarki keluarga, seharusnya dia yang menjadi daftar teratas pewaris perusahaan. Tapi, berhubung dia ini tidak pernah becus bekerja, akhirnya sang ayah lebih condong menunjuk adiknya sebagai pewaris. Kalau ditanya dia itu bisa bertahan sampai saat ini karena apa, jelas jawabannya adalah pernikahan dengan Jung Hye. Kalau mereka bercerai? Jung Hye masih punya deretan properti mahal untuk memenuhi kebutuhannya—seperti yang selalu dia lakukan, sementara Byung Soo? Nothing. Sebab itu, seharusnya dia memperlakukan istrinya dengan baik. Faktanya? Dia malah membawa pulang anak rahasia berusia 17 tahun dari hasil hubungannya dengan perempuan lain ke rumah yang nota bene milik Jung Hye! Padahal selama sepuluh tahun pernikahan, Jung Hye bahkan tidak pernah diberitahu akan keberadaan anak itu. 

Terlebih, dia melakukannya bukan karena peduli pada si anak, tapi karena membutuhkan anak itu untuk memikat ayahnya yang menginginkan pewaris laki-laki ; di mana semua anak dari adiknya Byung Soo berjenis kelamin perempuan. Bagaimana mungkin Jung Hye tidak marah?

Pepatah : “Pada dasarnya, suami adalah musuh terbesar dari para istri.” tampak benar adanya.

6. Baek Pyung Pyo [Jung Suk Young]

Wah... This old man is indeed a crazy psycho! How dare he beat his wife anytime he feels insecure or drunk? 
Tipe-tipe suami—atau secara umum manusia—macam begini pantasnya dijatuhi hukuman isolasi dari masyarakat. 
I mean, tidak peduli bagaimanapun dia mengalami trauma masa kecil, tidak membenarkan tindakannya melakukan hal yang sama kepada istri dan anak-anaknya. 
Augh! Kalau punya suami kayak begini sudah dari awal saya laporkan ke polisi, atau paling tidak saya gundulin dulu rambutnya dengan cara menjambaknya! Bukan pakai gunting!


7. Hong Sang Man [Kim Hyeong Il]

Oh My God. Baek Pyung Pyo already j*rk enough, but we have another crazy villain here. A rapist!  An unforgiven bast*rd for me. Manusia kayak begini wajib hukumnya untuk ditumpas. Terlebih lagi kalau dia tidak tahu malu dan merasa tidak bersalah.

8. Han Soo Ji [Shin Dong Mi]

Ibu kandung Soo Gyum yang tidak pernah memperlakukan anaknya sendiri selayaknya anak. Dia kembali karena mengincar tanah yang diwarisi anaknya. Wah... tidak heran Soo Gyum sangat dingin kepada ibunya sendiri.

9. Kim Jung Yoon [Jung Ae Yoon]

Salah satu karakter yang menarik bagi saya di drama ini. Dia anak tertua dari Keluarga Geon Ah. She is not a villain, but not a such a good person too. Baginya, menguasai Geon Ah adalah yang utama. Dia sangat karismatik di mata saya. Tipe-tipe wanita yang sanggup membunuh di balik senyum yang selalu menghiasi wajahnya. 
(Sigh, saya mulai berpuitis ria.)


>> HUBUNGAN ANTAR KARAKTER <<

★ Bok Ja Club Members [Kim Jung Hye, Lee Mi Sook, Hong Do Hee, Lee Soo Gyum]

Oh My Gosh! I thought that Lookout Squad wouldn't be replaced as the best revenger team in my heart, ever. But, it turned ot be wrong.

Tanpa melanggar hukum, dengan metode yang banyak ngakaknya, Bok Ja Club membuat kita menyadari bahwa balas dendam tidak perlu menggunakan cara-cara yang ekstrem. 
Keempat anggota yang awalnya tidak tahu kalau pada akhirnya masalah mereka akan saling berhubungan satu sama lain ini sangat menarik, pada dasarnya mereka semua orang baik yang telah disakiti oleh orang-orang terdekat mereka sendiri. Tapi, luka itu tidak serta membutakan mereka dan menghilangkan kebaikan dalam diri mereka. I'm lovin it!

Semua ini bermula dari Kim Jung Hye yang kecewa dengan kehadiran mendadak anak tirinya, Lee Soo Gyum, yang selama tujuh belas tahun ini tidak sekalipun diungkit keberadaannya oleh sang suami. Dia merasa terkhianati. Kemudian, secara tidak sengaja, dia mengetahui Lee Mi Sook menjadi korban KDRT rekan suaminya sekaligus salah satu kandidat semacam menteri atau duta pendidikan (saya kurang ngeh)—yang intinya menjadi wajah ikon pendidikan Korea Selatan. Ia pun mengajak Lee Mi Sook untuk balas dendam, di mana kemudian secara tidak sengaja mereka mengenal Hong Do Hee yang tengah berseteru dengan salah satu penyewa gedung milik Jung Hye.


Ps. I don't remember name of the tenant, nor her son, and don't want to bother check it on Wikipedia or else. Let's just address her as “The Red Lipstick Ajumma”

Jung Hye kemudian mengajak mereka membentuk Bok Ja Club di mana mereka akan membalas dendam pada orang-orang yang telah menyakiti mereka. Jung Hye menargetkan suaminya, Mi Sook disuruh membalas suaminya, lalu Dong Hee mengatasi The Red Lipstick Ajumma. Awalnya Mi Sook dan Dong Hee menolak, dan menganggap Jung Hye gila. Tapi, karena keadaan tidak kunjung membaik bagi mereka berdua, akhirnya mereka pun setuju bergabung. Celakanya, Jung Hye sama sekali tidak memiliki rencana apa pun dan tidak seorang pun dari mereka memiliki pengalaman membalas dendam.
Wkwkw—this is the reason why Bok Ja Club called as passionate yet super naive revenger team. Mereka tidak tahu yang harus dilakukan dan hanya berpikir balas dendam—mengiranya sesuatu yang mudah. LoL.

Pada akhirnya, mereka memutuskan mengatasi masalah Dong Hee dengan Red Lipstick Ajumma lebih dulu. Masalah beres untuk sementara, karena Ajumma itu pada akhirnya terus berulah. Cerita pun berlanjut dengan anak sulung Dong Hee yang dilecehkan oleh atasannya, seorang Kepala Sekolah, Hong Sang Man ; di mana Lee Soo Gyum dan putrinya Lee Mi Sook, So Yeon, juga putra bungsu Dong Hee bersekolah. Berhubung Jung Hye juga memiliki dendam masa lalu pada Hong Sang Man yang memang sejak lama terkenal suka melakukan pelecehan, maka Kepala Sekolah itu menjadi target kedua Bok Ja Club. 
Mereka merencanakan balas dendam yang agak kekanakaan. Yaitu, dengan memberikan obat pencahar di minuman Kepala Sekolah dan juga mengelem kursi yang diduduki agar kebingungan saat harus buang air akibat efek obat tersebut. Mereka hendak melakukannya saat rapat wali murid. Sayangnya, saking tidak berpengalaman, mereka gagal total gara-gara gemetaran saat melakukannya. 
But, surprisingly! Ada seseorang yang sudah melakukannya duluan. Sama persis seperti yang mereka rencanakan. Jeng! Jeng! Suksesor tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Lee Soo Gyum!  Ia pun kemudian resmi masuk ke dalam Bok Ja Club, sebagai satu-satunya anggota pria dan maknae. Meski begitu, justru dia yang menjadi perencana dalam kelompok.


Awalnya, Jung Hye bersikap sangat dingin pada Soo Gyum. Dia menganggap karakter anak itu sama dengan sang ayah : pengkhianat dan penjilat. Tapi, seiring waktu, Jung Hye menyadari itu tidak benar. Bahkan Soo Gyum membenci kedua orang tua kandungnya dan menjadikan mereka target balas dendam. Dibanding hubungan ibu-anak tiri, mereka jadi terlihat seperti kakak beradik yang lucu. Saya suka sekali dengan interaksi keduanya. Setiap kali Soo Gyum memanggil Jung Hye ˝Samunim”, saya tersenyum. Dan di saat Soo Gyum memanggilnya "Eommonim”, saya menangis terharu. Jelas ada kasih sayang di antara mereka. Terlebih melihat bagaimana cara keduanya saling melindungi serangan dari orang sekitar hingga akhir.

Lalu, interaksi keempat anggota Bok Ja Club sendiri yang kocak, tetapi juga sangat hangat. Hong Do Hee sebagai yang tertua memberikan kasih sayang seorang kakak kepada Jung Hye dan Mi Sook. Banyak sekali adegan lucu sekaligus menyentuh di antara mereka. Antara lain saat Jung Hye cemburu pada anak sulung Do Hee di sauna karena menganggapnya merebut perhatian Do Hee (LoL banget Jung Hye di sini) dan ketika Do Hee menghibur Mi Sook yang baru saja meninggalkan rumah usai bertengkar hebat dan tidak lagi dapat menoleransi sikap sang suami.
Mereka berempat mengajarkan sesuatu yang berharga :
“Kadang, menjadi orang asing yang saling menyayangi lebih berharga dibanding sekedar disebut keluarga.”

★ Corruption Club [Lee Byung Soo, Baek Pyung Pyo, Hong Sang Man]

Augh! Mereka bertiga ini seperti tikus pengerat. Tidak satupun di antara mereka yanh kelakuannya beres. Serakah dan tidak punya empati [Lee Byung Soo], gila hormat dan suka KDRT [Baek Pyung Pyoo], serta manusia cabul dan suka menindas [Hong Sang Man]. Ya, mereka cocok satu sama lain. Sama buruknya, sama rendahnya, sama sampahnya.

Geon Ah Family [Jung Hye's Family]

Tipe-tipe chaebol yang umum di drama Korea : perselingkuhan, rahasia kelahiran, perebutan kekuasaan. Jung Hye yang merupakan anak bungsu Geon Ah akhirnya diketahui memiliki status yang sama seperti Soo Gyum : anak di luar pernikahan resmi sang ayah. Meski sejak kecil ia dibesarkan di dalam keluarga Geon Ah sehingga (tampaknya) tidak ada yang mengetahui identitas Jung Hye sebenarnya, tetapi ia tidak pernah benar-benar diterima oleh ibu tiri maupun kedua kakaknya. Sebab itulah, dia bahkan tidak bisa bercerai dengan suaminya, karena pernikahannya itu merupakan balas budi dia dibesarkan sebagai bagian keluarga Geon Ah secara legal.

Namun kemudian, kita disuguhi hubungan menarik antara Jung Hye dan kakak sulungnya : Kim Jung Yoon, mendekati akhir drama. Di mana sang kakak akhirnya memihak dirinya dan justru berseteru dengan adik kandungnya sendiri ; anak kedua keluarga Geon Ah, Kim Jae Joon, yang memihak Lee Byung Soo. Meski tindakan Jung Yoon dilandasi janji Jung Hye memberikan saham miliknya di Geon Ah yang lantas akan menjadikan Jung Yoon memiliki saham lebih tinggi dibanding Jae Joon—di mana otomatis posisinya pun menjadi lebih superior, tapi saya tetap melihat ada sedikit ketulusan dalam diri Jung Yoon. Setidaknya, dengan dia memercayai Jung Hye dan menyudutkan Jae Joon serta Byung Soo sebelum resmi menerima saham dari Jung Hye—di mana di akhir episode dia sebenarnya tidak yakin adik tirinya itu akan memenuhi janji, sudah menunjukkan jauh di lubuk hatinya yang terdalam bahwa ia pun peduli kepada Jung Hye.


Kadang, waktu mengubah segala sesuatu secara drastis. Seseorang yang dulu merupakan musuh terbesarmu, dapat berubah menjadi sahabat terbaikmu.”

»» Conclusion ««
As I said before, I didn't expect anything from this drama at first. But, gladly, this drama did it job very well. I love this drama and I wish there will be second season. Definitely worth to watch. It deserves to win awards just if it was aired on public channel. 
This drama give a lot of lesson for us. Like, thing you see doesn't mean everything. There is nothing we can judge, because we know nothing about the truth behind. And about how to put a revenge in a good way.
You guys have to watch this one and let it tell you everything. I'll definitely looking forward next project of this SW-nim. 

0 komentar:

Posting Komentar